02 September 2008

ruang publik Kota Jogja

Ssstt, Kota Jogja ternyata lagi punya rencana mulia, nih.. kabarnya ada 14 titik di wilayah Kota Jogja dibeli sama pemkot untuk dijadiin ruang publik!! Wah, keren juga ya rencananya.. Ide ini ternyata dilatarbelakangi oleh keprihatinan makin minimnya ruang untuk interaksi warga. Anak-anak ga punya tempat yang nyaman untuk main di sore hari dengan tetangga mereka. Selain itu, lahan ini juga akan diserahkan sama masyarakat setempat untuk dikelola secara mandiri. Ck ck ck.. ternyata selain nyediain ruang interaksi bagi warganya, pemkot juga berupaya untuk memberdayakan warga mereka dalam mengelola fasilitas publik!! Two thumbs up, deh.. Moga-moga aja lahan yang dibeli bisa dimanfaatin sebaik mungkin yah...
Eya, beberapa waktu lalu pas saya lagi ngider sore-sore sama bokap, ada pemandangan menarik di bawah jembatan layang lempuyangan, deket bioskop mataram. Tepat di samping rel kereta api di sana jadi tempat wisata dadakan. Banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk menikmati sore sambil menunggu kereta api lewat.. saya jadi heran karena menurut saya, wisata di deket rel itu kan ga aman. Tapi ko jadi pilihan? Apa ini karena ga ada hiburan lain yang bisa dinikmati warga jogja secara gratis?!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

"wisata dadakan di bawah jembatan layang"
wah.. ini mah jalur yang tiap hari kulewatin. iyah, miris, segitu miskingnya ruang publik yg nyaman di jogja, sampe2 rel kereta jadi tempat wisata... hahaha :))

tp itu hiburan tersendiri loh buat anak kecil. kayla tiap lwt jalan itu juga seneng bgt kalo liat kereta lewat.. hihihi

honeybee mengatakan...

nah, justru itu, mba..dilema memang. dulu ada kenalan yg juga sering ngajak anaknya kesitu..coz anaknya seneng liat kereta lewat.tapi, yaa...tetep aja bahaya..huhu..